Minggu, 10 Mei 2020

Kenali Penyebab Padamnya Listrik Di Rumah Anda

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya listrik padam di rumah, tentunya dengan padamnya listrik di rumah, hal ini akan sangat menggangu aktifitas sehari-hari kita, khususnya bagi pengguna listrik yang sudah biasa menggunakan listrik untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk sarana hiburan, pekerjaan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Padamnya listrik di rumah secara tiba-tiba tentunya membuat kita sangat kesal dan kecewa, misalnya saja seperti saat sedang mengerjakan pekerjaan menggunakan peralatan listrik di rumah, atau asyik menonton televisi, mendengarkan musik dan lain sebagainya, tiba-tiba listrik di rumah padam, sehingga membuat pekerjaan kita tidak selesai-selesai, atau terganggu karena lagi asyik menonton tv atau mendengarkan musik tiba-tiba listrik padam.

Lalu apa sebenarnya penyebab listrik dirumah kita padam secara tiba-tiba?
Terkadang padamnya listrik dirumah hanya terjadi sesaat, kemudian menyala lagi, namun tak lama kemudian listrik padam lagi, seolah-olah ada yang memadamkan dan menyalakan dengan sengaja. Namun, kita tidak boleh menyalahkan pihak PLN begitu saja, karena bisa jadi penyebab listrik padam tersebut karena adanya gangguan listrik di rumah kita sendiri.

Supaya kita tidak menduga yang bukan-bukan atau menyalahkan orang lain, maka ada baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang menyebabkan listrik di rumah kita padam, baik itu disebabkan oleh gangguan listrik dari luar rumah atau dari dalam rumah kita sendiri. Atau baik itu padam dalam waktu sesaat, atau bahkan padamnya listrik dalam waktu yang cukup lama.

Terdapat banyak sekali penyebab listrik di rumah bisa padam, namun disini saya akan membagi 2 (dua) kelompok agar lebih memudahkan untuk dipahami. Dua kelompok itu antara lain sebagai berikut :

1. Padamnya listrik akibat gangguan dari dalam rumah kita sendiri

Kejadian padamnya listrik di rumah dapat disebabkan oleh adanya gangguan listrik pada instalasi listrik di rumah kita, gangguan dalam rumah yang dimaksud disini adalah gangguan yang terjadi dari KWH meter/MCB sampai ujung instalasi di dalam rumah kita. Penyebab padamnya listrik di rumah karena adanya gangguan atau permasalahan yang berasal dari instalasi listrik dirumah kita, yaitu :

Listrik dirumah padam dikarenakan MCB trip (jeglek), penyebabnya antara lain sebagai berikut :
  • Akibat beban lebih atau kelebihan daya listrik. Hal ini disebabkan oleh pemakaian listrik yang berlebihan.
  • Terjadinya korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik (short circuit), baik pada instalasi listrik atau peralatan listrik yang ada dirumah kita. Untuk korsleting listrik pada instalasi listrik misalnya seperti pada kabel, stop kontak, steker, fiting lampu dan lain sebagainya. Atau korsleting listrik yang berasal dari berbagai peralatan listrik yang biasa kita gunakan sehari-hari semisal lampu, pompa air, televisi, rice cooker, kipas angin dan masih banyak lagi yang lainnya. 
  • Adanya kerusakan pada MCB yang ada dirumah, pemasangan kabel kurang kuat (longgar), dan lain sebagainya.
  • Adanya instalasi listrik yang putus misalnya sekring listrik (fuse), kabel listrik dan lain sebagainya.
2. Padamnya listrik yang disebabkan karena adanya gangguan dari luar instalasi rumah

Masalah listrik padam di rumah kita juga dapat disebabkan oleh adanya gangguan listrik dari luar instalasi rumah kita, gangguan dari luar instalasi disini maksudnya adalah adanya gangguan yang berasal dari jaringan listrik PLN, yang termasuk jaringan listrik PLN yaitu mulai dari KWH meter/MCB yang ada di rumah menuju ke kabel pilin (twisted cable) dan kabel ini akhirnya sampai ke tiang gardu distribusi yang kemudian diteruskan ke jalur distribusi menggunakan tiang listrik yang lebih besar, lalu diteruskan ke jalur transmisi menggunakan tower-tower listrik hingga sampai ke sumber pembangkit listrik PLN.

Jadi jika diperhatikan dengan seksama, proses perjalanan jaringan listrik PLN ini sangatlah panjang dengan disalurkan secara bertahap, tentunya apabila terjadi gangguan listrik maka perbaikannya akan sangat sulit jika dibandingkan dengan perbaikan instalasi listrik di rumah kita. Penyebab padamnya listrik dirumah, akibat adanya beberapa gangguan pada jaringan listrik PLN, antara lain :

Karena pemadaman bergilir dari pihak PLN.

Pemadaman bergilir biasanya akan diumumkan oleh pihak PLN, ini merupakan pemadaman listrik yang terencana. Pemadaman bergilir tersebut terjadi karena adanya perawatan atau perbaikan pada jaringan listrik PLN seperti kabel listrik , transformator dan lain sebagainya, atau pemadaman listrik bergilir dilakukan karena adanya bencana alam semisal banjir dan lain-lain.

Atau bisa juga karena adanya proyek besar-besaran seperti pemasangan jaringan listrik yang baru, yang terkadang diperuntukkan bagi rumah-rumah atau pelanggan listrik industri besar yang tidak tersuplai kebutuhan listrik secara keseluruhan.

Listrik padam secara tiba-tiba dan tidak terencana

Jika listrik padam tiba-tiba dan dalam waktu yang cukup lama sebelum menyala kembali, hal ini biasanya terjadi karena adanya gangguan yang serius pada jaringan listrik PLN misalnya saja seperti pembangkit listrik yang mengalami gangguan, dan tentu saja hal ini tidak terencana.

Tentunya jaringan listrik PLN telah dilengkapi dengan berbagai pengaman listrik yang lebih memadai dan lebih canggih jika dibandingkan dengan pengaman di rumah-rumah, misalnya saja seperti pengaman apabila terjadi sambaran petir, pengaman dari tegangan lebih (over voltage) dan pengaman lainnya yang tidak terdapat pada instalasi listrik rumah tangga. Peranan pengaman listrik ini sangat penting, saat terjadi gangguan listrik maka sistem pengaman akan bekerja memutuskan jaringan listrik sehingga menyebabkan listrik di rumah padam. Lalu PLN akan segera mengecek gangguan tersebut ke lapangan dan langsung melakukan perbaikan secepat mungkin, karena listrik padam juga merupakan kerugian bagi pihak PLN itu sendiri.

Jika kejadian listrik padam secara tiba-tiba dan hanya sesaat saja, kemungkinan hal ini disebabkan karena sistem pengaman yang terpasang pada jaringan listrik PLN sedang mendeteksi adanya gangguan, sehingga secara otomatis pengaman tersebut akan memutuskan jaringan listrik yang menyuplai ke rumah-rumah, setelah gangguan tersebut hilang maka pengaman listrik tersebut akan mengalirkan kembali listrik ke rumah-rumah, jadi pengaman tersebut bekerja secara otomatis.

Contohnya saja ada salah satu pengaman listrik yang bekerja otomatis dan terpasang pada jaringan tegangan menengah (TM) milik PLN yaitu Recloser.

Apabila terjadi gangguan pada jaringan seperti listrik bocor, tegangan lebih, dan sebagainya, maka recloser akan bekerja memutuskan aliran listrik. Jika kondisi gangguan tidak ada lagi, maka recloser akan bekerja secara otomatis mengalirkan listrik kembali.

Contohnya saja gangguan yang sering terjadi seperti saat ada dahan pohon yang menyentuh kabel jaringan listrik, maka hal ini menyebabkan kebocoran listrik mengalir ke pohon tersebut. Dan disinilah peranan recloser sangat penting, reecloser akan mendeteksi hal tersebut dan dalam waktu yang singkat akan memutuskan aliran listrik. Setelah dahan tersebut terlepas, maka recloser akan kembali mengalirkan listrik.

Gangguan semacam ini merupakan salah satu penyebab mengapa listrik padam sesaat kemudian menyala kembali. Dengan pengaman yang seperti ini mungkin dapat menyebabkan pemadaman listrik yang tidak terencana, namun semua ini demi menjaga keselamatan kita.

Sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.