Senin, 11 Mei 2020

Cara Mengecek Foot Klep Pompa Air Masih Bagus Atau Sudah Rusak

Pada artikel kali ini saya ingin membahas mengenai bagaimana cara mengecek foot klep pompa air masih bagus atau sudah rusak? Baiklah sebelum kita lanjutkan, mungkin ada diantara anda yang belum paham mengenai apa itu foot klep atau yang juga biasa disebut tusen klep ini. Untuk itu, disini saya akan mencoba membahasnya sekilas mengenai foot klep atau tusen klep ini agar anda lebih paham.

Umumnya setiap jenis pompa air seperti pompa air sumur dangkal, semi jet pump atau bahkan pompa air sumur dalam (jet pump) akan memerlukan adanya pemasangan foot klep atau tusen klep ini, namun ada juga jenis pompa air lainnya yang tidak memerlukan foot klep yakni jenis pompa celup atau submersible yang memang tidak memerlukan foot klep karena bukan termasuk pompa air permukaan dan tidak bekerja menghisap melainkan mendorong air.

Foot klep atau tusen klep merupakan salah satu bagian penting dari sebuah pompa air yang secara teknis kerjanya adalah membuka dan menutup saluran pada pipa hisap dengan menyesuaikan kinerja yang diperlukan. Foot klep sendiri biasa dipasang pada bagian paling bawah pipa hisap fungsinya sebagai penahan air yang sudah naik ke atas agar tidak lagi kembali ke sumber air.
Letak pemasangan foot klep 
Cara kerjanya adalah ketika mesin pompa sedang bekerja menghisap air, maka klep akan terbawa aliran air dan ikut terhisap sehingga dapat terbuka dan bertumpu pada dudukannya sampai mesin berhenti menghisap, setelah mesin pompa air berhenti menghisap maka klep akan menutup kembali dengan sempurna sehingga air yang sudah naik pun tertahan dan tidak kembali lagi. (lebih jelasnya lihat pada gambar).
Gambar diatas ini ketika mesin pompa air dinyalakan dan yang terjadi adalah klep terbuka dan air terhisap ke atas.
Dan setelah mesin pompa air di matikan, air yang sudah naik tertahan karena posisi klep telah tertutup rapat.

Oke setelah memahami sedikit penjelasan tentang foot klep dan cara kerjanya diatas, saya rasa anda akan lebih mudah dalam mempelajari cara mengecek foot klep berikut.

Cara Mengecek Foot Klep Pompa Air Masih Bagus Atau Sudah Rusak

Untuk mengecek foot klep langkah pertama anda harus membongkar terlebih dulu pipa hisap, kemudian cobalah isi pipa hisap tersebut dengan air sampai penuh. Nah setelah diisi air maka amatilah dengan seksama apakah air tersebut berkurang setelah ditunggu beberapa saat atau bahkan langsung turun drastis dalam waktu yang singkat, gejala kerusakan semacam ini biasanya terjadi pada pompa air yang selalu ingin dipancing terlebih dulu sebelum mampu mengeluarkan air.

Jika air tersebut berkurang maka sudah bisa dipastikan bahwa foot klep sudah rusak atau jebol, namun dalam kasus lain ada juga penyebab klep tidak bekerja maksimal dikarenakan adanya sumbatan pada bagian katup atau klep akibat kotoran pasir atau material lainnya sehingga terjadi penurunan air.

Untuk itu, pastikanlah foot klep tidak sedang tersumbat oleh kotoran, anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan karena bisa saja foot klep masih dalam keadaan bagus dan hanya mengalami masalah tersumbat kotoran.

Kebocoran pada foot klep yang telah rusak biasanya ditandai dengan lamanya debit air ketika keluar disaat mesin pompa air dinyalakan. Sedangkan untuk kondisi foot klep yang masih bagus umumnya tidak terdapat kebocoran sedikitpun sehingga pada saat setiap kali mesin pompa air dinyalakan maka debit air langsung keluar tanpa menunggu lama. Jika ternyata foot klep telah rusak maka saya sarankan untuk anda ganti dengan foot klep berkualitas karena umumnya tak jarang juga terdapat foot klep dengan kualitas rendah yang beredar di pasaran.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan kali ini, semoga apa yang saya bagikan ini bisa membantu masalah anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.